January 28, 2023

Dunia Baca Online

Sebuah portal baca online yang menarik

2 Cara Memperoleh Tekstur MPASI Instan 8 Bulan yang Tepat

2 Cara Memperoleh Tekstur MPASI Instan 8 Bulan yang Tepat

Tekstur MPASI instan 8 bulan berbeda dengan yang usia sebelumnya. Mengapa demikian? Karena bayi telah beradaptasi mengkonsumsi makanan padat semi cair pada waktu sebelumnya.

Hal ini juga bergantung pada pertumbuhan gigi, keterampilan mengunyah, serta perkembangan saluran cernanya. Lalu, bagaimanakah caranya agar makanan padat pertamanya sesuai dengan tektur yang disarankan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat membaca uraian di bawah ini agar dapat mengolah makanan pertamanya dengan tekstur sesuai dengan kebutuhan bayi.

Tekstur MPASI Instan 8 Bulan

MPASI Instan 8 bulan memiliki tekstur yang berbeda dibandingkan dengan sebelumnya yang berupa bubur cair. Perubahan ini mengakibatkan bay perlu kembali menjalankan proses adaptasi untuk mengunyahnya.

Agar Ibu tidak mengalami kesulitan, maka beberapa tips di bawah ini dapat dilakukan untuk memperoleh tekstur yang tepat.

Mengikuti Saran Penyajian

Cara terbaik mendapatkan tekstur yang tepat adalah dengan mengikuti saran penyajian yang tertera pada kemasan. Tidak perlu ragu untuk patuh pada deskripsi yang ada. Sebab, produsen tentu sudah memformulasikannya dengan standar ideal.

Jika ternyata di rumah tidak memiliki alat takar yang tepat, maka ibu dapat bereksperimen dengan yang ada. Misalnya memanfaatkan sendok makan dengan ukuran yang sama setiap kalinya.

Dengan mempelajari penggunaannya, maka lama kelamaan Ibu akan mendapatkan formulasi sendiri yang sesuai denganĀ  tekstur yang akan disajikan. Catatannya, jangan mengganti sendok makan yang digunakan sebagai alat takar.

Menambahkan Pelarut yang Bernutrisi

Agar rasanya lebih disukai oleh bayi, ibu dapat menambahkan pelarut sesuai dengan rasa asli yang ada pada MPASI instan tersebut. Jadi, pilihan saya akan sangat banyak. Mulai dari air putih biasa, susu, kaldu ataupun sari buah.

Pilihan pelarutnya tentu saja disesuaikan dengan MPASi-nya. Jika dirasakan gurih, maka tambahannya adalah susu dan kaldu. Jika memang dirasakan agak manis dapat menggunakan sari buah alami.

Untuk susu, buatlah sesuai dengan takaran yang diberikan produsen. Ibu dapat memprosesnya seperti membuat susu formula yang diberikan ke buah hati. Untuk sari buah, gunakanlah rasa yang manis tanpa adanya penambahan gula, misalkan jeruk manis.

Selan kedua pilihan di atas, ibu juga dapat membuat larutan kaldu sendiri yang dibuat dari daging dan tulang sapi atau ayam. Rasa MPASI akan semakin kaya, yaitu gurih alami.

Cara persiapannya pun amat mudah. Ibu perlu membeli tulang dan daging sapi atau ayam yang masih segar dan berkualitas. Lalu direbus dengan proses shimmering agar kaldunya keluar semua dan menyumbangkan rasa gurih alami.

Selain rasa gurihnya, anak juga akan mendapatkan manfaat lain, yaitu adanya mineral kalsium yang ikut larut dalam air kaldu tersebut.

Kini Ibu dapat menyiapkan MPASI instan 8 bulan dengan tekstur yang tepat. Berikanlah pada bayi secara konsisten sampai terbiasa untuk mengunyahnya.