January 28, 2023

Dunia Baca Online

Sebuah portal baca online yang menarik

2 Benefit Memanfaatkan Jenis-Jenis Permainan Tradisional

2 Benefit Memanfaatkan Jenis-Jenis Permainan Tradisional

Indonesia sebenarnya kaya dengan berbagai Jenis-jenis permainan tradisional yang dapat membantu meningkatkan kemampuan anak. Baik dari segi motorik kasar atau pun halus.

Sayangnya, tidak semua permainan tradisional tersebut dimanfaatkan secara maksimal agar anak dapat memperoleh manfaat yang sebesarnya. Padahal, sama sekali tidak membutuhkan dana yang besar untuk memainkannya.

Lalu, apa sajakah keuntungan yang dapat diperoleh anak ketika memainkan berbagai permainan tradisional? Jangan khawatir, jawabannya ada pada uraian di bawah ini.

Benefit Memanfaatkan Jenis-Jenis Permainan Tradisional

Disadari atau tidak ada banyak benefit yang bisa dirasakan oleh si kecil bersama keluarga ketika memanfaatkan jenis-jenis permainan tradisional. Sebab pilihannya pun bervariatif dan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pelaku.

Adapun manfaat permainan tradisional tersebut adalah sebagai berikut:

Mengurangi Ketergantungan pada Hp

Tanpa disadari dewasa ini nyaris semua orang bergantung pada telepon genggam. Baik untuk mencari hiburan semata ataupun untuk menunaikan tanggung jawab pekerjaan.  Tentu saja Ini berimbas pada lingkup keluarga.

Hal ini bisa diketahui dari orang tua yang yang mungkin saja sudah menghabiskan waktu diluar untuk mencari nafkah sehingga memberikan perangkat telepon genggam tersebut kepada anak-anak yang belum tahu bagaimana caranya bertanggung jawab.

Tentu saja jika dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan anak menjadi bergantung pada telepon genggam. Apalagi banyak hiburan yang menarik dan seringkali memang sesuai dengan kebutuhan dan kenginan.

Namun, masalahnya bukan di situ saja. Anak yang sejak dini sudah mengalami keterpanaan terhadap telepon genggam akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan rekan sebaya ataupun anggota keluarga.

Hal ini disebabkan telepon genggam merupakan media komunikasi satu arah jika digunakan oleh anak. Sehingga sang buah hati mengalami kekurangan untuk berinteraksi serta stimulan berkomunikasi dengan orang lain.

Gejala ini bisa dikurangi dengan memanfaatkan berbagai mainan tradisional yang menuntut komunikasi dengan orang lain. Juga mampu meningkatkan keterampilannya untuk menerapkan strategi yang tepat.

Mengembangkan Ketangkasan

Pada umumnya berbagai permainan tradisional akan menuntut kegiatan yang lebih aktif dibandingkan dengan HP. Oleh karenanya jika dilakukan secara terus-menerus maka akan dapat membantu mengembangkan ketangkasan anak.

Contoh permainan yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah lempar galah di mana anak-anak perlu mengejar batu yang berhamburan ketika terkena lemparan adalah tersebut.

Anak-anak juga bisa mempelajari permainan yang mengandung matematika ketika memanfaatkan congklak. Sebab setiap lubangnya membutuhkan jumlah biji yang telah ditentukan.

Dari situ juga anak bisa mempelajari bagaimana caranya menggenggam dengan tepat. Tujuannya adalah agar biji-biji coklat tersebut tidak berhamburan dari tangannya ketika memasukkan satu persatu ke lubang yang lain.

Orang tua dan anak dapat memperoleh manfaat yang positif dengan menggunakan jenis-jenis permainan tradisional yang ada. Ditambah lagi jika melibatkan lebih banyak orang tentu akan meningkatkan kemampuan sosial anak.