August 2, 2021

Dunia Baca Online

Sebuah portal baca online yang menarik

Menstruasi di Usia Muda Berisiko Kanker Payudara

Menstruasi di Usia Muda Berisiko Kanker Payudara

Menstruasi atau dikenal dengan haid adalah fase tumbuh kembang perempuan yang bakal dialami seluruh perempuan didunia tidak terkecuali satupun.

Terdapat 2 pendapat kapan terjadi menstruasi pertama? Umur pertama kali perempuan mengalami menstruasi yaitu antara 11-14 tahun ada juga yang berpendapat 10-17 tahun. Terjadinya fase menstruasi pada perempuan ini menunjukan bahwa perkembangan reproduksi pada perempuan berjalan dengan baik.

Walapun menstruasi menjadi patokan umum bahwak perkembangan organ repoduksi sedang dalam kondisi baik tapi taukah anda bahwa terlalu cepat haid untuk pertama kali bisa akibat pada meningkatkan resiko anda terkena yang namanya kanker payudara?

Pernyataan mengejutkan ini disampaikan oleh Ronald Alexander Hukom SpPD KHOM MHSC FINASIM yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hematologi Onkologi Medik RS Kanker Dharmai. Menurutnya hormonal perempuan  yaitu progesteron dan estrogen adalah satu satu faktor paling berpengaruh meningkatnya kanker payudara pada perempuan didunia.

Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang erat hubungannya dengan hormon wanita,” kata Ronald dalam diskusi daring bertajuk Memahami Lebih Dalam Subtipe Kanker Payudara Metastasi Tertinggi di Dunia: HR-positif, HER2-negatif, Senin (31/9/2020).

Menurut Ronald haid yang terlalu cepat akan berakibat pada lambatnya proses produksi hormon pada tubuhnya sehingga resiko terserang kanker payudara semakin tinggi. Ketika fase produksi ulang yang lama dengan berakhirnya begitu lama akan berakibat kanker payudara pada usia 50 tahunan.

Meskipun begitu ronald beranggapan bahwa hormonal bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan terjadinya kanker payudara.

Apabila anda mengalami fase pertama kali datang menstruasi yang cepat atau mengalami menopause pada angka diatas 50tahun ada baiknya anda memberanikan diri untuk konsultasi pada dokter kandungan terdekat.

Ada hal-hal yang bisa anda lakukan sebagai perempuan untuk menurunkan resiko terjadinya kanker payudara karena cepatnya datang haid pertama kali yaitu dengan tidak mengalami obesitas. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayur serta mengulami lemak dan daging merah.

Berikut ini adalah faktor lain yang bisa mengakibatkan terjadinya kanker payudara.

  • Jam tidur yang berantakan, suka begadang
  • Mengkonsumsi makan yang tidak sehat
  • Semir rambut permanen
  • Kelebihan berat badan
  • Kurang olahraga Radiasi
  • Faktor keturunan
  • Mengkonsumsi obat-obatan pada umumnya pil KB

Jika anda sudah mengetahui beberapa faktor penyebab tingginya resiko terkena kanker payudara. Ada baiknya anda secara rutin melakukan pemeriksaan, agar bisa terdeteksi dini ketika anda memang terkena kanker payudara.

Biasa benjolan kecil yang muncul dipayudara dan sekitarnya ini bisa saja merupakan kanker payudara. Jangan biarkan begitu saja karena biasanya dalam sekejap saja biasa berakibat standium 3-4.

Kanker payudara mampu mempengaruhi kinerja tubuh anda, karena penyebarannya mampu mencakup lebih dari 70% tubuh anda.