August 2, 2021

Dunia Baca Online

Sebuah portal baca online yang menarik

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah Anda mendengar manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan? Tanaman ini memang telah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya akan manfaat bahkan sering digunakan sebagai teh herbal di Asia Tenggara. Yang hanya dapat digunakan adalah bagian daunnya saja karena bagian lainnya beracun.

Manfaat Kumis Kucing

1. Mengobati asam urat

Daun kumis kucing dapat mengobati asam urat karena memiliki kandungan fenol, flavonoid, dan juga dikenal memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi penumpukan asam urat berlebih. Selain itu, daun kumis kucing juga dapat memperbaiki fungsi dan kerusakan ginjal dikarenakan asam urat yang terlalu tinggi.

2. Menurunkan tekanan darah

Kumis kucing juga ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan antioksidan yang memungkinkan untuk membantu mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh melalui urin. Daun kumis kucing dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi hipertensi.

3. Mengatasi rematik

Kumis kucing sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi rematik termasuk yang disebabkan oleh peradangan maupun autoimun. Kandungan flavonoid dan fenolik dapat mengurangi reaksi autoimun pada penderita rematik. Kedua senyawa tersebut juga dapat membantu melindungi jaringan lunak seperti tulang rawan dari peradangan akut karena daun kumis kucing memiliki sifat anti radang.

4. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat lainnya dari mengonsumsi kumis kucing yaitu mengontrol gula darah karena memiliki sifat anti-diabetes. Daun ini memiliki kemampuan untuk mengatur metabolisme gula, lemak, dan karbohidrat menjadi seimbang sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini membuat daun kumis kucing bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kumis kucing juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat serta lemak dalam darah. Efek ini sangatlah baik untuk menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan jantung koroner.

6. Mengatasi masalah menstruasi

Bagi para wanita yang sering mengalami masalah menstruasi misalnya seperti mengalami pendarahan berlebih atau nyeri menstruasi juga dapat mengonsumsi daun kumis kucing. Ini karena daun ini memberikan efek yang dapat menurunkan kadar prostaglandin.

Cara Pengolahan Daun Kumis Kucing

Cara mengolah daun kumis kucing sangatlah mudah. Ambil 4-5 lembar daun yang telah dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam air mendidih. Gunakan 3 gelas air dan masak hingga menjadi 1 gelas air. Setelah itu diminum selagi hangat atau sudah dingin. Bisa diminum 3x sehari.

Daun kumis kucing juga dapat dikonsumsi dengan cara dihaluskaan kemudian gunakan cobek dan tambahkan 150 ml air siap minum. Setelah itu disaring untuk memisahkan ampas dengan airnya. Anda juga bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasanya yang tidak enak. Untuk berbagai artikel kesehatan lainnya, Anda dapat mengunjungi www.orami.co.id.