Inilah 7 Daerah Penghasil Kopi di Indonesia

Anda suka minum secangkir kopi buatan sendiri sebelum berangkat kerja? Konsumsi kopi memang telah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak masa lalu. Hal ini dikarenakan beberapa daerah di Indonesia merupakan penghasil kopi berkualitas yang didistribusikan ke seluruh wilayah lokal termasuk mancanegara. Tinggal beli biji kopi terbaik, Anda bisa membuat kopi istimewa dengan alat buat kopi di rumah.

 

Daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia

 

Buat Anda yang suka bikin kopi sendiri, pernahkah berpikir mengenai daerah yang mampu memproduksi biji kopi berkualitas di Indonesia? Berikut beberapa daerah yang memiliki kondisi tanah, ketinggian, curah hujan, dan kondisi angin yang mendukung budidaya kopi yaitu :

 

1.  Gayo, Aceh

 

Gayo merupakan dataran tinggi di provinsi Aceh yang bisa menghasilkan jenis kopi arabika yang banyak. Sejak tahun 1908, Aceh mampu menghasilkan kopi arabika yang diekspor ke berbagai negara.

 

2.  Toraja, Sulawesi Selatan

 

Masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan sudah mengenal kopi sejak tanaman ini dikenalkan Belanda di Indonesia pada masa kolonialisme. Keunikan citarasa kopi yang ditanam di daerah Toraja adalah rasa buah dan bunga yang terasa.

Tidak hanya sensasi rasa pahit saja yang ditawarkan, kopi dari Toraja memiliki ciri khas hingga mendapat julukan Queen of Coffee. Ternyata penyebab citarasa kopi dari Toraja berbeda karena budidaya tanaman kopi dilakukan berdampingan dengan tanaman rempah di daerah tersebut.

 

3.  Kintamani, Bali

 

Tidak hanya populer dengan keindahan pariwisata saja, Bali memiliki daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia yaitu Kintamani. Kopi yang ditanam di lereng Gunung Batur yang subur memiliki aroma buah jeruk yang berbeda dengan kopi dari daerah lain.

 

4.  Mandailing, Sumut

 

Provinsi Sumut yang berbatasan dengan Aceh memiliki daerah Mandailing yang mampu menghasilkan kopi unik. Citarasa kopi dari Mandailing Natal memiliki tingkat keasaman rendah dan citarasa setelah tegukan terasa manis.

 

5.  Flores

 

Perbedaan kopi Flores dengan daerah lain terletak pada sensasi rasa yang bisa Anda nikmati pada setiap seruputan. Hal ini dikarenakan budidaya kopi dilakukan di daerah Ngada yang terpengaruh iklim tropis khas nusantara dengan pengaruh iklim subtropis Australia. Jangan heran sensasi rasa kopi ala hazelnut, kacang dan coklat manis membuat Anda enggan berhenti menikmati kopi buatan sendiri.

 

6.  Ijen

 

Di Banyuwangi, Anda bisa menemukan produk kopi berkualitas yang punya rasa pedas dan aroma jahe yang khas. Keunikan rasa kopi yang dibudidayakan di kawasan Ijen Raung wajib Anda coba di rumah. Pastikan punya alat buat kopi untuk menikmati setiap teguk dari kopi yang dikenal hingga mancanegara ini.

 

7.  Sidikalang

 

Meski ada pula varian robusta, tetapi petani kopi di Sidikalang lebih suka menanam arabika yang punya prospek bagus baik lokal dan mancanegara. Jangan heran kualitas kopi dari Sidikalang kerap disandingkan dengan komoditas kopi asal Brazil yang tak kalah nikmat.

Apakah Anda sudah pernah mencicipi salah satu kopi hasil produksi lokal di atas? Yuk, beli alat buat kopi agar bisa mengolah biji kopi lokal menjadi minuman nikmat di rumah Anda!

Share Post:

About Author

admin

Recommended Posts