May 6, 2021

Dunia Baca Online

Sebuah portal baca online yang menarik

6 Cara Memilih Susu Pertumbuhan Anak 2 Tahun  yang Tepat

6 Cara Memilih Susu Pertumbuhan Anak 2 Tahun yang Tepat

Orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh cerdas dan sehat. Secara umum, susu yang paling baik diberikan kepada anak adalah ASI (air susu ibu). ASI dapat diberikan hingga anak berusia 6 bulan, setelah itu Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI seperti susu formula untuk membantu pertumbuhan anak. Nah, bagaimana cara memilih susu pertumbuhan anak 2 tahun yang tepat?

 

  1. Periksa Kandungan Susu

 

Sebelum Anda membeli susu, sebaiknya periksalah kandungan dari susu itu sendiri. Perhatikan kandungan gizi dan juga bahan susu. Biasanya susu formula untuk anak 2 tahun mengandung zat besi, probiotik, prebiotik, ARA dan DHA. Anda juga perlu memeriksa kandungan gulanya, sebaiknya pilih susu yang mengandung sedikit gula untuk menghindari risiko obesitas pada anak.

 

  1. Pilih Susu yang Mengandung Kalsium

 

Salah satu sumber kalsium yang dapat diberikan kepada anak-anak di tengah pertumbuhannya adalah susu yang mengandung kalsium. Nah, sebelum membeli susu pertumbuhan anak 2 tahun, sebaiknya perhatikan kadar kalsium di dalamnya. Kalsium memiliki beberapa manfaat untuk tubuh seperti membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga struktur kerangka serta meningkatkan kesehatan jantung.

 

  1. Pilih Susu yang Mengandung Lemak

 

Lemak merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun jaringan saraf dan hormon. Selain itu, tubuh juga membutuhkan lemak sebagai bahan bakar untuk energi. Jika lemak tidak digunakan, maka lemak tubuh akan menyimpan lemak dan dapat digunakan di waktu yang akan datang.

Lemak juga berfungsi untuk menyerap vitamin A, D, E dan K ke dalam tubuh. Jadi, jika Anda memberikan susu yang mengandung lemak akan meningkatkan berat badan anak. Hal ini karena lemak memiliki kalori.

 

  1. Pilih Susu yang Mengandung  Omega 6

 

Asam lemak omega 6 merupakan nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan anak. Tak hanya itu, omega 6 yang ada di dalam darah akan berpengaruh untuk meningkatkan berat badan anak. Maka dari itu, pilihlah susu yang mengandung omega 6 untuk membantu pertumbuhan anak.

Tak hanya itu, omega 6 juga dapat mengendalikan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi, anak akan terhindar dari risiko obesitas dan diabetes. Omega 6 juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan mata, jadi baik untuk dikonsumsi secara rutin.

 

  1. Pilih Susu yang Mengandung  Minyak Ikan

 

Susu untuk pertumbuhan anak sebaiknya juga mengandung minyak ikan. Minyak ikan memiliki banyak manfaat seperti, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi asma, mengurangi risiko diabetes, memperbaiki kesehatan otak dan mengurangi perilaku agresif serta antisosial.

 

  1. Lihat Tanggal Kedaluwarsanya

 

Sebelum membeli suatu barang, Anda harus mengecek tanggal kedaluwarsanya. Pastikan Anda membeli susu yang memiliki tanggal kadaluarsa jauh dan masih tersegel dengan baik. Hal ini karena kemasan yang rusak bisa saja mempengaruhi kualitas susu.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli susu pertumbuhan anak 2 tahun.  Pastikan Anda teliti dalam memberikan susu pertumbuhan kepada anak dengan membaca daftar kandungan yang ada pada kemasan. Berikan susu kepada anak setidaknya 3 kali sehari.